Amin Syamsudin PENDEKATAN CTL DALAM PROSES PEMBELAJARAN MATEMATIKA PENGARUHNYA TERHADAP HASIL BELAJAR SISWA

Pembelajaran Matematika

Authors

  • Dadan Fauzan Dadan MAN 2 Sumedang

Keywords:

Pendekatan CTL

Abstract

Abstrak: Berdasarkan hasil penelitian, diperoleh keterangan adanya penurunan nilai hasil belajar siswa di MTs Al-Amin Tanjungsari, dan hal ini dipengaruhi pula oleh keberadaan guru dalam pelaksanaan proses belajar mengajar. Sangat diharapkan sekali adanya pengaruh dari keberadaan guru dalam proses belajar mengajar, sehingga siswa dapat berhasil dengan baik dalam belajarnya. Dalam upaya menanggulangi keberhasilan belajar lebih meningkat, maka diperoleh keterangan bahwa matematika dalam pelaksanaan proses belajar mengajar menggunakan suatu pendekatan CTL, yaitu strategi pembelajaran yang menekankan kepada proses keterlibatan siswa secara penuh, sehingga ia menjadi subjek dalam pembelajaran. Akan tetapi hasil belajar siswa pada mata pelajaran matematika masih dinyatakan rendah. Kenyataan ini sangat menarik untuk diteliti dengan maksud  mengungkap adakah pengaruh antara pembelajaran dengan pendekatan CTL terhadap hasil belajar siswa.

Berdasarkan hasil analisis data, maka dapat disimpulkan sebagai berikut :

  1. pembelajaran dengan pendekatan CTL di MTs Al-Amin Tanjungsari diperoleh nilai sebesar 76,7 (lampiran) nilai tersebut apabila dikonsultasikan kepada skala penilaian berada diantara nilai: 66-79 dan dikatagorikan tinggi. Dengan demikian dapat disimpulkan bahwa pembelajaran dengan pendekatan CTL dinyatakan tinggi. Dengan perkataan lain, bahwa siswa sangat positif menanggapi pembelajaran dengan pendekatan CTL yang dilakukan oleh guru matematika dalam PBM.
  2. Hasil belajar siswa pada mata pelajaran matematika di MTs Al-Amin Tanjungsari diperoleh nilai sebesar 7,27 dan apabila nilai tersebut diklasifikasikan berada pada nilai : 6,6-7,9: dikatagorikan tinggi. Dengan demikian hasil belajar siswa pada mata pelajaran matematika di Kelas IX MTs Al-Amin Tanjungsari dinyatakan tinggi.

Berdasarkan hasil perhitungan korelasi (terlampir) diperoleh nilai sebesar r xy  =  0,9. Nilai tersebut memberikan makna bahwa terdapat pengaruh yang tinggi antara pembelajaran dengan pendekatan CTL dengan hasil belajar siswa pada mata pelajaran matematika. Dengan perkataan lain, semakin tinggi pembelajaran dengan pendekatan CTL, maka semakin tinggi pula hasil belajar siswa pada mata pelajaran matematika di Kelas IX MTs Al-Amin Tanjungsari

Kata Kunci: Pendekatan CTL, Pembelajaran Matematika

References

Jurnal Ilmiah

Published

2020-11-18