ANALISIS NILAI- NILAI KARAKTER ANAK USI 5- 6 TAHUN MELALUI PEMBELAJARAN METODE PROYEK DI KOBER HARAPAN BUNDA KEC. SUMEDANG SELATAN

Authors

  • Aas Hasanah Aas STKIP SEBELAS APRIL SUMEDANG

Abstract

ABSTRAK

Karakter yang berkualitas dibentuk dan dibina sejak usia dini, karena usia dini merupakan masa yang baik pembentukan karakter melalui pendidikan yang harus dilakukan secara kontinu dalam pembelajaran. Karakter pada dasarnya diperoleh melalui interaksi dengan lingkungan. Penanaman nilai-nilai karakter anak  yang diterapkan di Kober Harapan Bunda melalui penerapan metode proyek dalam pembelajaran. Penelitian ini menggunakan penelitian kualitatif  dengan teknik pengumpulan data wawancara, observasi dan studi dokumentasi. Langkah – langkah  penelitia yaitu pralapangan, pelaksaan, menganalisis data, dan pelaporan. Hasil temuan nilai-nilai karakter anak yang muncul kerjasama, tanggung jawab. Kreatif, komunikatif, percaya diri, saling menghormati, saling membantu, mandiri, kritis, disiplin, kerjakeras dan demokratis.

 

Kata kunci: karakter anak, metode proyek

ABSRTACT

Quality character is formed and fostered from an early age, because early age is a good period of character formation through education that must be carried out continuously in learning. Character basically is obtained through interaction with the environment. Planting the character values ??of the method applied at Kober Harapan Bunda in developing the character values ??of children is the project method. Research with a qualitative approach through data collection techniques interviews, observation and study documentation. Research steps before researching, implementing, analyzing data, and reporting. The findings of the children's character values ??that appear collaboration, responsibility. Creative, communicative, confident, respectful, helpful, independent, critical, disciplined, hardworking and democratic.

 

Keywords: child character, projecct method

 

 

References

DAFTAR USTAKA

Abidin, Y. (2014) Desain Sistem Pembelajaran dalam Konsek Kurikulum 2013. Bandung: Refika Aditama.

Aghniarrahmah, dkk. (2017). Pengaruh Metode Proyek Terhadap Kemampuan Sains Anak. Jurnal Edukasi. [Online].

Astawa dkk. ( 2015 ) Pengaruh Model Pembelajaran Berbasis Proyek Terhadap Sikap Ilmiah dan Konsep Diri Siswa SMP. Journal Program Pascasarjana Universitas Pendidikan Ganesha Program Studi Pendidikan IPA Volume 5 Tahun 2015.

Cahyaningrum, dkk. (2017). Pengembanga Nilai-Nilai Karakter Anak Usia Dini Melalui Pembiasaan dan Keteladanan. Proseding. Vol 6, Edisi 2, Desember 2017. Universitas Yogyakarta. [Online].

Chairilsyah D. (2012). Pembentukan Kepribadian Positif Anak Sejak Usia Dini. Jurnal Educhild. [Online]. Vol 1. No 1.

Crisanti. (2011). Pembelajaran Anak Usia Dini dengan Pendekatan Proyek. [online] Journal Dinamika Pedidikan No. 02/Tahun XVJJJ/September 2011. Diakses pada tanggal 22 Juni 2015.

Dewi, dkk. (2015). Penerapan Metode Proyek Melalui Kegiatan 3M Untuk Meningkatkan Kreativitas Anak. e-Journal PG-PAUD. [Online]. Vol 3, No 1.

Fitri, dkk. (2013). Perencanaan Pembelajaran Kurikulum 2013 Pendidikan Anak Usia Dini. Jurnal Potensia,PG-PAUD FKIP UNIB. [Online] Vol 2, No 1

Hamidah M. (2017). Meningkatkan Nilai-Nilai Karakter Anak Usia Dini Melalui Penerapan Metode Proyek. Jurnal Tunas Siliwangi. Vol 3, No 1.

Herman & Rusmayadi. (2018). Pengaruh Metode Proyek Terhadap Kemampuan Kognitif Anak. Jurnal Ilmu Pendidikan, Keguruan, dan Pembelajaran. [Online]. Vol 2, No 1.

Iswantiningtyas & Wulansari. (2018). Pentingnya Penilaian Pendidikan Karakter Anak Usia Dini. Proceedings of The ICECRS, Volume 1 No 3 (2018). [Online]

Katz & Chard (1989). Engaging Children`s Mind: The Project Approach, new Jersey: ablex.

Katz & Helm. (2001). Young Investigations: The Project Approach In The Early Years. Teachers College, Columbia University.Teacher Collage Press.

Margono. (2007). MetodologiPenelitianPendidikan. Jakarta: RinekaCipta.

Moleong, L.J. (2007). Metodologi Penelitian Kualitatif. Bandung: Remaja Rosdakarya

Moeslichatoen, R. (2004). Metode Pengajaran di Taman Kanak-kanak. Jakarta: PT.Rineka Cipta.

Nurhslimsh. (2012). Pengaruh Metode Proyek Terhadap Kemampuan Kerjasama Anak Usia Dini. Surakart: Fakkultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan Universitas Muhamadiyah Surakarta.

Prasanti & Fitriani. (2018). Pembentukan Karakter Anak Usia Dini. Jurnal Obsesi: Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini. [Online] Vol 2, No 1.

Ratnawati, dkk. (2015). Faktor-Faktor Yang Mempengaruhi Pendidikan Karakter Holistik. Seminar Nasional Universitas PGRI Yogyakarta. [Online]

Roopnarine & Johnson. (2011). Pendidikan Anak Usia Dini dalam Berbagai Pendekatan Edisi Kimia. Jakarta: Kencana

Rustini & Rohayati. (2017). Pengaruh Penerapan Metode Proyek Terhadap Perkembangan Kemampuan Bersosialisasi Pada Anak Usia 5-6 Tahun. Artikel. [Online]

Seftiyana & Rukiyah. (2018). Peningkatan Karakter Tanggung Jawab Melalui Metode Proyek Pada Anak. Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini. [Online]. Vol 9. No 2.

Sugiyono. (2018). Metode Penelitian Kombinasi. Alfabeta: Bandung.

Syamsuardi, dkk. (2018). Penggunaan Model Pembelajaran Pada Taman Kanak-Kanak. Jurnal CARE. [Online]. Vol 5, No 2.

Syaodih, dkk. (2018). Pengembangan Kemampuan Pemecahan Masalah Anak Usia Dini Dalam Pembelajaran Proyek Di Taman Kanak-Kanak. Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini. [Online]. Vol 2, Edisi 1, April 2018.

Wibowo, A. (2013). Pendidikan Karakter Usia Dini. (Strategi Membangun Karakter di Usia Emas). Yogyakarta: Pustaka Pelajar.

Zaman & Eliyawati. (2010). Media Pembelajaran Anak Usia Dini. Bahan Ajar Pendidik Profesi Guru (PPG). Bandung: UPI.

Published

2020-11-18