UPAYA MENINGKATKAN HASIL BELAJAR SISWA DENGAN MODEL PEMBELAJARAN FLIPPED CLASSROOM PADA MATERI SIFAT-SIFAT SISTEM PERIODIK DI KELAS X MIA 1 MAN 2 SUMEDANG

Authors

  • Dedeh MA Negeri 2 Sumedang

Keywords:

Flipped Clasroom, Hasil Belajar

Abstract

Penelitian ini dilakukan dengan tujuan untuk megetahui peningkatan hasil belajar kimia melalui Model Pembelajaran Flipped Clasroom di kelas X. Sampel dalam penelitian ini siswa kelas X MIA 1 MAN 2 Sumedang sebanyak 20 orang. Parameter penelitian adalah hasil belajar dan ketuntasan belajar, skor data berupa tes. Aktifitas siswa dan guru dalam proses pembelajaran dikumpulkan dengan lembaran observasi merupakan data penunjang. Hasil penelitian menunjukkan bahwa hasil belajar siswa meningkat pada siklus I 55 % dari siswa tuntas dan pada siklus II 90 % siswa tuntas. Analisis data dengan menggunakan deskripsi kualitatif. Hasil penelitian ini dapat disimpulkan bahwa Model Pembelajaran Flipped Clasroom dapat meningkatkan hasil belajar kimia materi materi sifat-sifat sistem periodik kimia.

References

Anonimus. (1999). Penelitian Tindakan Kelas (Classroom Action Research). Depdikbud Dirjen Dikti Proyek PGSM. Jakarta.

Arends, R. (1997). Classroom Instruction and Management. Mc Grow-Hill Companies Inc. New York.

David raths, (2014). Nine Video Tips for a Better Flipped Classroom. T.H.E. Journal. Pp 15-21. Philadelphia.

Dahar, R. (1998). Teori-teori Belajar. Depdikbud. Jakarta.

Jacob Enfield. (2013). Looking at the impact of the Flipped Classroom Model of Instruction on Undergraduate Multimedia Student at CSUN. TechTrends. Vol 57. No. 6 pp. 14-18.

Johnson, Graham Brent. 2013. Student Perceptions Of The Flipped Classroom. Columbia: The University Of British Columbia.

Ibrahim, (2000). Pengembangan Tindakan Kelas.Gema Karya. Jakarta.

Nasution. (1982). Berbagai Pendekatan Dalam Proses Belajar Mengajar. Bina Aksara. Jakarta.

Nicola Sales. Flipped the Classroom : Revolutionising Legal Research Training. Cambridge Journals. Vol. 13. Pp 231-235.

Published

2017-08-22