IMPROVING SCIENCE PROCESS SKILLS AND ELEMENTARY SCHOOL STUDENTS 'CREATIVITY THROUGH THE USE OF SCIENCE-BASED TEACHING BOOKS

Authors

  • Ai Hayati Rahayu STKIP Sebelas April Sumedang

Keywords:

Ketrampilan Proses Sains, Kreativitas, Buku ajar

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk memperoleh gambaran tentang Keterampilan Proses Sains (KPS) siswa sekolah dasar setelah dilakukan pembelajaran dengan pendekatan saintifik berbantuan buku ajar berbasis KPS. Penelitian ini juga akan menganalisis hubungan/korelasi antara Keterampilan proses sains dengan kreativitas siswa. Metode yang digunakan adalah quasi eksperimen dengan pretes dan postest one group design. Populasinya  siswa di SDN Cipameungpeuk Sumedang dan kelas IV diambil sebagai sampelnya. Teknik pengumpulan data dengan cara observasi, angket dan tes KPS. Analisis data berdasarkan SPSS menyatakan bahwa pembelajaran menggunakan pendekatan saintifik dengan bantuan buku ajar berbasis KPS berpengaruh terhadap peningkatan KPS siswa. Hasil uji korelasi Pearson menyatakan bahwa terdapat korelasi positif yang signifikan antara KPS dengan kreativitas siswa

References

Aktamis, H & Ergin, O. (2008). The Effect of Scientific Process Skill Education on Student’s Scientific Creatifity, Science Attiude, and Academic Achievments. Asia Pasific Forum On Science Learning and Teaching. Volume 9, Issue 1 article 4:p 1

Ambarsari, W., Santosa, S., & Maridi, M. (2013). Penerapan Pembelajaran Inkuiri Terbimbing Terhadap Keterampilan Proses Sains Dasar Pada Pelajaran Biologi Siswa Kelas Viii Smp Negeri 7 Surakarta. Jurnal Pendidikan Biologi, 5(1), 81–95.

Arifin, U. F., Hadisaputro, S., & Susilaningsih, E. (2015). Pengembangan Lembar Kerja Praktikum Siswa Terintegrasi Guided Inquiry Untuk Keterampilan Proses Sains. Chemistry In Education, 4(1), 54–60

Devi, P.K., (2010). Ketrampilan Proses dalam Pembelajaran IPA untuk Guru SD. Pusat pengembangan Tenaga Pendidik dan Tenaga Kependidikan Ilmu Pengetahuan Alam (PPPPTK IPA) untuk program bermutu

Direktorat Pembinaan Sekolah Menengah Atas Direktorat Jenderal Pendidikan Dasar Dan Menengah Kementerian Pendidikan Dan Kebudayaan Tahun 2017. Panduan Implementasi Keterampilan Abad 21 Kurikulum 2013 di SMA

Marjan, J., Prof. Dr. Ida Bagus Putu Arnyana, M. S., & Dr. I Gusti Agung Nyoman Setiawan, M. S. (2014). Pengaruh Pembelajaran Pendekatan Saintifik Terhadap Hasil Belajar Biologi Dan Keterampilan Proses Sains Siswa MA. Muallimat NW Pancor Selong Kabupaten Lombok Timur Nusa Tenggara Barat. Jurnal Pendidikan Dan Pembelajaran IPA Indonesia, 4(1). Retrieved from http://119.252.161.254/e-journal/index.php/jurnal_ipa/article/view/1316

Peraturan menteri Pendidikan dan kebudayaan Nomor 81A. (2013). Implementasi Kurikulum 2013. Jakarta: Kementerian pendidikan dan Kebudayaan

Rahayu, A.H., & Anggraeni, P. (2017) Analisis Keterampilan Proses Sains Siswa Sekolah Dasar di Kabupaten Sumedang. Jurnal Pesona Dasar. 5 (2).

Rahayu, A.H. (2018). Materi dan Perubahannya Pendekatan Saintifik Berbasis Keterampilan Proses Sains, untuk Kelas IV SD/MI. Bandung:Value Institute

Rosa, F. O. (2015). Pengembangan Modul Pembelajaran Ipa Smp Pada Materi Tekanan Berbasis Keterampilan Proses Sains. Jurnal Pendidikan Fisika, 3(1). https://Doi.Org/10.24127/Jpf.V3i1.21

Subali, B. (2015). Pengukuran Kreativitas Keterampilan Proses Sains Dalam Konteks Assessment For Learning. Jurnal Cakrawala Pendidikan, 1(1). https://doi.org/10.21831/cp.v1i1.4196

Sukarno., Anna P., Ida H., (2013). The The Profile of Science Process Skill (SPS) Student at Secondary High School (Case Study in Jambi). International Journal of Scentific Engineering and Research (IJSER), 1 (1), www.ijser.in

Wahyudhiatmika U,. S. Putra S., & Abadi S. (2015). Analisis Kemampuan Siswa dalam Kegiatan Menanya Pada proses Pembelajaran dengan Pendekatan Saintifik pada Kurikulum 2013 ( Tema Sejarah peradaban Indonesia) di Kelas V SD Negeri 7 Sesetan Kecamatan Denpasar Selatan Tahun Ajaran 2014-2015. E Journal PGSD Universitas Pendidikan Ganesha, Jurusan PGSD, 3(2).

Yuliati, Y. (2016). Peningkatan Keterampilan Proses Sains Siswa Sekolah Dasar Melalui Model Pembelajaran Berbasis Masalah. Jurnal Cakrawala Pendas, 2 (2).

Zubaidah, S. (2016). Keterampilan Abad Ke-21: Keterampilan Yang Diajarkan Melalui Pembelajaran

Published

2020-02-18