PERAN NILAI-NILAI PUASA RAMADHAN BAGI PENDIDIKAN KARAKTER SISWA SEKOLAH DASAR

Authors

  • Kuswara STKIP Sebelas April Sumedang
  • Yena STKIP Sebelas April Sumedang

Keywords:

Nilai, Puasa Ramadhan, Pendidikan Karakter

Abstract

Artikel ini bertujuan menelaah tentang nilai-nilai yang terkandung dalam ibadah puasa ramadhan bagi pendidikan karakter siswa sekolah dasar (SD). Nilai-nilai pendidikan yang dimaksud adalah nilai pendidikan religius, nilai pendidikan moral, pendidikan sosial, dan nilai pendidikan budaya. Berpuasa merupakan sebuah kegiatan religius yang dilakukan orang islam sebagai wujud ketaatan terhadap Tuhan-Nya di samping ibadah-ibadah yang lainnya. Puasa ramadhan adalah kegiatan menahan diri dari makan, minum, dan berhubungan badan serta hal-hal lain yang menyebkan batalnya berpuasa mulai terbit fajar sampai terbenam matahari yang dilaksanakan pada bulan ramadhan. Fenomena yang terjadi saat ini makin berkurangnya kegiatan beribadah, tepo seliro, gotong royong, saling membantu, serta sikap-sikap positif lainnya seperti jujur, disiplin, tanggung jawab, dan hidup toleran dalam berkehidupan. Puasa ramadhan bukan hanya menekankan pada menahan diri dari makan dan minum saja, tetapi latihan peningkatan keimanan, pembinaan mental (jiwa), akhlak (moral), sosial, dan memahami arti perbedaan. Di sekolah dasar (SD) nilai-nilai tersebut perlu ditanamkan sebagai landasan siswa dalam pengembangan dirinya terutama pada aspek kepribadiannya seperti: berkarakter, perilaku, tanggung jawab, disiplin, dan berjiwa sosial.

References

Ali, Mohammad Daud. 1998. Pendidikan Agama Islam. Jakarta: PT. Raja Grafindo Persada.

Dermawan, Oki. 2012. Pendidikan Karakter Siswa Melalui Ibadah Puasa. Artikel [On-Line]:

Departemen Pendidikan Nasional, 2003. Undang-Undang Nomor 20 Tahun 2003, Tentang Sistem Pendidikan Nasional, Jakarta: Depdiknas.

Departemen Pendidikan dan Kebudayaan. 1997. Kamus Besar Bahasa Indonesia. Jakarta: Balai Pustaka.

Maksum, M. Syukron. 2009. Kedahsyatan Puasa: Jadikan Hidup Penuh Berkah, Yogyakarta: Pustaka Marwa.

Maslikhah. 2009. Ensiklopedia Pendidikan. Salatiga: STAIN Salatiga Press.

Mulyana, Rohmat. 2004. Mengartikulasikan Pendidikan Nilai. Bandung: Alfabeta.

Qardhawi, Yusuf. 1993. Konsep Kaidah dalam Islam. Surabaya: Central Media.

Rajab, Khairunnas. 2011. Psikologi Ibadah: Memakmurkan Kerajaan Ilahi di Hati Manusia, Jakarta: Amzah.

Shad, Abdur Rahman. 1993. The Right of Allah and Human Right, Delhi: Shandar Market.

Suyadi. 2013. Strategi Pembelajaran Pendidikan Karakter, Bandung: PT Remaja Rosdakarya.

Published

2017-02-21