PEMBELAJARAN EKOLITERASI BERBASIS PROYEK DI SEKOLAH DASAR

Authors

  • Neri Egi STKIP Sebelas April Sumedang
  • Aulia STKIP Sebelas April Sumedang

Keywords:

Ecolitaracy, Pembelajaran Berbasis Proyek, Sekolah Dasar

Abstract

Bencana alam seperti banjir dan longsor merupakan bencana alam yang sering terjadi di Indonesia. Hal ini mengindikasikan bahwa ada masalah yang terjadi pada lingkungan. Masalah lingkungan merupakan tanggung jawab bersama. Tanggung jawab ini tidak hanya tanggung jawab pemerintah namun tanggung jawab semua individu. Perlu ada langkah nyata dalam menyelesaikan masalah lingkungan. Salah satu upaya yang harus dilakukan adalah memasukannya kedalam pembelajaran di sekolah dasar. Siswa haruslah diperkenalkan mengenai kesadaran lingkungan sejak dini. Model pembelajaran yang melibatkan siswa secara langsung merupakan model yang sesuai sehingga memberikan kesan tersendiri untuk sisiwa. Sebagai alternatif yaitu penggunaan model pembelajaran Project Based Learning. Pembelajaran Berbasis Proyek merupakan pembelajaran yang mengutamakan siswa untuk praktik langsung dalam kegiatannya. Siswa diberi tugas untuk aktif mulai dari penentuan tema, perencanaan, aktifitas dilapangan, serta pembuatan laporan dan presentasi. Model pembelajaran berbasis proyek ini diintegrasikan dalam mata pelajaran IPA yang disesuaikan dengan SK dan KD. Diharapkan dengan praktik langsung siswa dapat menyadari pentingnya ecoliteracy. Penyadaran terhadap lingkungan atau melek ekologi sangatlah dibutuhkan negara yang sedang berkembang seperti Indonesia, agar terjalinnya hubungan harmonis antara manusia dengan alam. Sehingga, Indonesia menjadi negara yang maju, namun tetap menjaga kelestarian alam sekitar.

References

Abdullah Sani, Ridwan. 2014. Pembelajaran Saintifik untuk Implementasi Kurikulum 2013. Jakarta: PT. Bumi Aksara.

Bundu, P. 2006. Penilaian Keterampilan Proses dan sikap Ilmiah dalamPembelajaran Sains Sekolah Dasar. Jakarta: Depdiknas.

DePorter, Bobby. Dkk. 2005. Quantum Teaching. Bandung: PT Mizan Pustaka.

Dimyati dan Moedjiono. 2006. Belajar dan Pembelajaran. Jakarta: PT.Rineka Cipta.

Goleman, Daniel. 2010. Eco Literate: How Educators are Cultivating Motional, Social, and Ecological Intelligence. US: Jossey Bass.

Goleman, Daniel. 2012. Ecological Intelligence : How Knowing The Hidden Impacts Of What We Buy CCn Change Everything (Edisi Bahasa Indonesia). Jakarta: Gramedia Pustaka Utama.

Pikiran Rakyat. 2016. 50% Kasus Bencana Gerakan Tanah 2016 Terjadi di Jawa Barat. Koran Pikiran Rakyat.

Santyasa, I W. 2006. Pembelajaran Inovatif: Model Kolaboratif, Basis Proyek. dan Orientasi NOS. Makalah. Disajikan dalam Seminar Di Sekolah Menengah Atas (SMA) Negeri 2 Semarapura Tanggal 27 Desember 2006, di Semarapura.

Trianto. 2011. Model Pembelajaran Terpadu. Jakarta: Bumi Aksara.

Published

2017-02-21