ANALISIS KEMAMPUAN PENALARAN UKURAN STATISTIKA DENGAN MENGGUNAAN MODEL PEMBELAJARAN STATISTIK BERBANTUAN PROGRAM R (PSB-R)

Authors

  • Yusfita STKIP Sebelas April Sumedang

Keywords:

PSB-R, Statistical Reasoning Skills, Idiosyncratic Level, Transitional Level, Quantitative Level, the level of analysis

Abstract

Penelitian ini dilatarbelakangi oleh rendahnya kemampuan penalaran statistis yang dimiliki oleh mahasiswa. Oleh karena itu perlu dilakukan beberapa perubahan dalam perkuliahan statistika. Salah satu upaya yang dapat dilakukan untuk mengatasi permasalahan tersebut adalah dengan menggunakan model PSB-R pada pembelajaran. Hasil penelitian menunjukkan bahwa Model PSB-R dapat meningkatkan level kemampuan penalaran statistis mahasiswa yang pada asalnya berada pada level idiosyncratic dan transisional menjadi level kuantitatif dan analisis.

References

Fox, J. dan Andersen, R. (2005). Using The R Statistical Computing Environment To Teach Social Statistics Courses. [onlie]. Tersedia: www.unt.edu/rss/Teaching-with-R.pdf. [20 Oktober 2013].

Gal, I dan Garfield,J.B. (1997). Teaching and Assesing Statistical Reasoning. NCTM.

Garfield, J. B. (2002). The Chalange of Develoving Statistical Reasoning. Journal of Statistics Education, 10(3). [Online]. Tersedia: www.amsat.org/publicatins/jse/v103/garfield,html . [24 September 2013].

Garfield, J. B. dan Ben-Zvi, D. (2007). Helping Students Develop Statistical Reasoning: Implementing a Statistical Reasoning Learning Environment. [Online]. [24 September 2013].

Garfield, J. B. dan Ben-Zvi, D. (2008). Preparing School Teachers To Develop Students Statistical Reasoning. [Online]. [ 24 September 2013].

Kartiko, S. W. (2012). Mengenal software “R” sebagai Datamining Tool di Linux. [online]. http://www.IlmuKomputer.com. [ 26 September 2013].

Martadipura, B. A. (2012). Peningkatan Kemampuan Berpikir Statistis Mahasiswa S1 Melalui Pembelajaran MEAs yang Dimodifikasi. Bandung: STKIP Siliwangi program studi Pendidikan Matematika. [Online]. http://www.jurnal-infinity.com. [14 maret 2013].

Rosadi, D. (n.d). Pemanfaatan Software Open Source R dalam pemodelan ARIMA. Program Studi Statistik, FMIPA UGM.

Suhartono. (2008). Analisis Data Statistik dengan R. Surabaya: Lab. Statisik Komputasi ITS.

Ulpah, M. dan Kusumah, Y. S. (2012). Meningkatkan Kemampuan Penalaran Statistis Siswa Madrasah Aliyah Melalui Pembelajaran Kontekstual. Makalah dipresentasikan dalam Seminar Nasional Matematika dan Pendidikan Matematika dengan tema “kontribusi Pendidikan Matematika dan Matematika dalam Membangun Karakter Guru dan Siswa”. Jurusan Matemtika FMIPA UNY, tanggal 10 November 2012.

Uno, H. B dan Lamatenggo, N. (2011). Teknologi Komunikasi dan Informasi Pembelajaran. Jakarta: Bumi Aksara.

Published

2017-02-21