ANALISIS TUTURAN ANAK SEBAGAI UPAYA PENINGKATAN PEMEROLEHAN BAHASA ANAK KELAS RENDAH SEKOLAH DASAR

Authors

  • Avini STKIP Sebelas April Sumedang

Keywords:

Tuturan, Pemerolehan, Bahasa

Abstract

Penelitian ini dilatarbelakangi adanya ketertarikan peneliti untuk mengetahui penguasaan bahasa anak usia tiga tahun, sebagai upaya peningkatan pemerolehan bahasa anak Sekolah Dasar kelas rendah. Agar dapat menghitung MLU dari seorang anak, kita membutuhkan transkrip dari percakapan setengah jam. Bahasa anak harus dibagi menjadi ujaran-ujaran terpisah, dan ujaran-ujaran ini harus dibagi menjadi morfem. Setiap anak yang normal akan belajar bahasa pertama (bahasa ibu) dalam tahun-tahun pertamanya dan proses itu terjadi hingga kira-kira umur lima tahun (Nababan, 1992:72). Penelitian ini meneliti MLU pada anak usia tiga tahun. Dengan menghitung jumlah MLU, maka akan dapat diketahui apakah anak tersebut telah mengalami perkembangan bahasa secara normal atau tidak. Sumber data penelitian ini adalah seorang anak bernama Dika Rahardi berusia tiga tahun, ia menggunakan bahasa Sunda sebagai bahasa pertamanya. Teknik pengumpulan datanya direkam dengan handphone dan analisis data menggunakan analisis kualitatif dan kuantitaif. Hasil indeks MLU Dika adalah 3,32, dan berada pada tahap IV, yang berarti Dika berada pada tahap rendah, Kelas kata yang telah diperoleh dan dituturkan oleh Dika antara lain nomina, verba, adjektiva, dan adverbial dengan pola kalimat dasar FN+adv, FA+adv, FN+FA, Dika telah mampu bertutur dengan kalimat lengkap dan kalimat berimbuhan yang lengkap.

References

Chaer, Abdul.2009. Psikolinguistik: Kajian teoretik. Jakarta: Rineka Cipta.

Gleason and Ratner. 2009. The Development of Language. USA: Pearson education.

Mar’at, samsunuwiyati. 2009. Psikolinguistik: Suatu Pengantar. Bandung: Rafika Aditama.

Published

2017-02-21