PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN INKUIRI TENTANG SIFAT- SIFAT BENDA CAIR UNTUK MENINGKATKAN HASIL BELAJAR SISWA KELAS IV SDN KADUJAJAR II KECAMATAN TANJUNGKERTA KABUPATEN SUMEDANG

Authors

  • Elin SD Negeri Kadujajar II

Keywords:

Sifat-Sifat Benda Cair, Model Inkuiri, Hasil Belajar

Abstract

Pada pembelajaran IPA di SDN Kadujajar II Kecamatan Tanjungkerta Kabupaten Sumedang  tentang sifat-sifat benda cair di kelas IV mengalami kesulitan-kesulitan sehingga hasil belajar anak tidak optimal dan kurang mendorong siswa aktif dalam pembelajaran. Salah satu upaya untuk mengatasi kesulitan dengan menerapkan model pembelajaran inkuiri dengan tahapan orientasi, merumuskan masalah, merumuskan hipotesis, mengumpulkan data , menguji hipotes dan merumuskan kesimpulan. Dalam penelitian ini dirumuskan beberapa masalah yaitu: 1)Bagaimanakahperencanaanpenerapan  model pembelajaran  inkuiri tentang sifat-sifat benda cair dalam pembelajaran IPA di Kelas IV SDN Kadujajar II Kecamatan Tanjungkerta Kabupaten Sumedang ? 2) Bagaimanakahpelaksanaan penerapan  model pembelajaran  inkuiri tentang sifat-sifat benda cair dalam pembelajaran IPA di Kelas IV SDN Kadujajar II Kecamatan Tanjungkerta Kabupaten Sumedang ?    3) Bagaimanakahpeningkatanhasilbelajarpenerapan  model pembelajaran  inkuiri tentang sifat-sifat benda cair dalam pembelajaran IPA di Kelas IV SDN Kadujajar II Kecamatan Tanjungkerta Kabupaten Sumedang?Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah penelitian kualitatif dengan desain Penelitian Tindakan Kelas ( PTK ) merujuk pada model siklus meliputi rencana, tindakan, observasi dan refleksi. Subyek penelitian ini adalah siswa kelas IV SDN Kadujajar II tahun pelajaran 2014/2015  yang berjumlah 20 siswa. Tahapan penelitian ini dilakukan tiga  siklus. Berdasarkan pada data hasil siklus I, II dan III, peneliti memperoleh hasil yang memuaskan. Persentase ketuntasan  siswa siklus I adalah  45 %, siklus II mencapai 70 % dan siklus III mencapai  90 %. Aktivitas  siswa dalam pembelajaran pada siklus I mencapai 40 %, siklus II mencapai 50 %  dan  pada siklus III mencapai  80 %. Dengan demikian pembelajaran tentang sifat-sifat benda cair dengan menggunakan model pembelajaran inkuiri dapat meningkatkan hasil belajar dan aktivitas siswa dalam pembelajaran sehingga pembelajaran akan lebih bermakna.

References

Dahlan, MD. 1994. Model-Model Mengajar. Bandung: Dipenogoro

Depdiknas, 2006. Pedoman Penggunaan KIT IPA di Sekolah Dasar Kelas IV. Bandung: Pudak Scientific.

Depdiknas. 2006. Penulisan Ilmiah Penelitian Kulitatif dan Eksperimen. Jakarta: Depdiknas.

Depdiknas. 2012. Kurikulum SDN Tanjungkerta. Dokumen I pada SDN Tanjungkerta: tidak diterbitkan.

Indrawati, 2007.IlmuPengetahuanAlam di SD, Bandung: P4TK.

Karmin.2008. Penggunaan Metode Inkuiri dalam Pembelajaran Matematika Siswa Kelas V SD Parung panjang 04 Kecamatan Parung panjang Kabupaten Bogor. FIP UPI: tidakditerbitkan

Moleong. 2004. Metodologi Penelitian Kualitatif. Bandung: Rosdakarya.

Published

2018-02-13