PENINGKATAN HASIL BELAJAR BIOLOGI MELALUI PEMBELAJARAN COOPERATIVE LEARNING DENGAN PENDEKATAN STRUKTUR MATERI SISTEM RESPIRASI DI KELAS XI MIA MAN 2 SUMEDANG

Authors

  • Sekarwati MA Negeri 2 Sumedang

Keywords:

Cooperative Learning, Pendekatan Struktural, Hasil Belajar

Abstract

Penelitian ini dilakukan dengan tujuan untuk megetahui peningkatan hasil belajar biologi melalui Model Pembelajaran Cooperative Learning dengan Pendekatan Struktural di kelas XI MIA MAN 2 Sumedang. Sampel dalam penelitian ini siswa kelas XI MIA sebanyak 40 orang. Parameter penelitian adalah hasil belajar, ketuntasan belajar, skor perkembangan dan penghargaan dengan alat pengumpul data berupa tes. Aktifitas siswa dan guru dalam proses pembelajaran dikumpulkan dengan lembaran observasi merupakan data penunjang. Hasil penelitian menunjukkan bahwa hasil belajar siswa meningkat pada siklus I 54,8% dari siswa tuntas dan pada siklus II 76,2% siswa tuntas,skor perkembangan siswa pada siklus pertama 3 pasang baik, 10 pasang hebat dan 7 pasangan super. Pada siklus II 2 pasang baik,7 pasang hebat, dan 12 pasang super, analisis data dengan menggunakan deskripsi kualitatif. Hasil penelitian ini dapat disimpulkan bahwa model cooperative learning dengan pendekatan struktural dapat meningkatkan hasil belajar biologi materi pelajaran sistem respirasi.

References

Anite Lie. (2004). Cooperative Learning di Ruang-ruang Kelas. PT. Grasindo. Jakarta.

Anonimus. (1999). Penelitian Tindakan Kelas (Classroom Action Research). Depdikbud Dirjen Dikti Proyek PGSM. Jakarta.

Arends, R. (1997). Classroom Instruction and Management. Mc Grow-Hill Companies Inc. New York.

Dahar, R. (1998). Teori-teori Belajar. Depdikbud. Jakarta.

Eggen. (1996). Strategy for Teach Content and Thinking Skill. Third Edition. Allyn Bacon. Boston.

Ibrahim, (2000). Pengembangan Tindakan Kelas.Gema Karya. Jakarta.

Nasution. (1982). Berbagai Pendekatan Dalam Proses Belajar Mengajar. Bina Aksara. Jakarta.

Slavin, R.E. (1995). Cooperative Learning; Theori Research and Practice. Allyn Bacon. Boston.

Spencer Kagen. (1993). Cooperative learning with stuctural approach. Press.co, Canada

Published

2018-02-13