UPAYA MENINGKATKAN KEMAMPUAN SISWA DALAM MEMAHAMI PEMBELAJARAN SKI DENGAN MENGGUNAKAN MEDIA VCD

Authors

  • Sutarti MA Negeri 2 Sumedang

Keywords:

Sejarah Kebudayaan Islam, Peningkatan Hasil Belajar

Abstract

Penelitian ini berangkat dari latar belakang rendahnya kemampuan siswa dalam memahami materi pembelajaran SKI. Karena kurangnya variasi proses KBM maka menimbulkan kejenuhan, kebosanan, sehingga kemampuan siswa dalam memahami materi pembelajaran semakin rendah. Untuk itu diperlukan  upaya untuk membantu meningkatkan salah satunya adalah  penggunaan media dalam proses pembelajaran.

Berdasarkan uraian diatas, melalui penelitian ini diharapkan guru mampu berperan sebagai inovator dalam  pembelajaran. Peningkatan kreatifitas mengajar guru harus dikembangkan.

Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif untuk mendapatkan data dan analisisnya melalui kajian reflektif, partisipatif, dan kolaboratif. Pengembangan program didasarkan data-data dan informasi dari siswa dan guru melalui tiga tahapan siklus penelitian tindakan kelas dalam rangka meningkatkan hasil belajar dan aktifitas siswa dalam pembelajaran SKI dilakukan PTK dengan menggunakan media VCD.

Penelitian ini dilakukan di MAN 2 Sumedang dengan tiga siklus. Pada siklus pertama siswa belajar dengan metode tanya jawab tanpa media, hasil belajar siswa masih rendah (50% dari jumlah siswa yang mendapat nilai diatas KKM). Pada siklus kedua siswa dan guru (kolaborator) melaksanakan KBM dengan menggunakan metode tanya jawab dengan media VCD. Dari hasil observasi aktifitas siswa meningkat begitu pula dengan hasil belajar siswa juga meningkat. Hal ini dapat terlihat dari meningkatnya rata-rata siswa yang memperoleh nilai diatas KKM yaitu 55% dari jumlah siswa.  Pada evaluasi harian ketiga (siklus ketiga) jumlah siswa yang memperoleh nilai diatas KKM lebih meningkat lagi (80% dari jumlah siswa yang mendapat nilai diatas KKM). Dari pelaksanaan PTK siklus pertama, kedua, dan ketiga dapat disimpulkan bahwa pembelajaran SKI dengan menggunakan media VCD dapat meningkatkan pemahaman dan hasil belajar siswa.

References

Ali, Muhammad. “Kamus Lengkap Bahasa Indonesia Modern”, Jakarta : Pustaka Amani

Echols, John M, Shadily, Hasan. 1982. “Kamus Inggris-Indonesia”, Jakarta : Gramedia

Fathurrohman, Prof. Pupuh. “Strategi Belaja Mengaja”, Bandung : Refika Adiatma

Info Pendidikan Internet : Http://infopendidikan kita.blogspot.com 2008/03/penelitiantindakankelas.html

Komariah, Aan, Triatna, Cepi.2005. “Visionary Leadership”, Jakarta

Marzano, R.1988. “Dimention of Thiknking : A Framework for Curriculum and Instruction”. Virginia : ASCD.

Suparman, Atwi.1997.”Desain Instruksional PAV-PPAI”, Jakarta : Universitas Terbuka

Published

2018-02-13