MODIFIKASI PERMAINAN BOLAVOLI TERHADAP EFEKTIVITAS PEMBELAJARAN BOLAVOLI

Authors

  • Salman STKIP Sebelas April Sumedang

Keywords:

Permainan Bola Voli, Efektivitas Pembelajaran Bola Voli

Abstract

Latar belakang permasalahan dalam penelitian ini adalah pembelajaran permainan bolavoli termasuk permainan yang sulit dilakukan oleh siswa SLTP karena dalam pembelajaran perminan bolavoli masih banyak menggunakan metode yang konvensional. Akibatnya dalam pembelajaran permainan bolavoli kurang kondusif serta siswa cepat bosan dan secara otomatis waktu aktif belajar siswa menjadi rendah. Untuk itu dilakukan modifikasi pembelajaran permainan bolavoli untuk meningkatkan waktu aktif belajar siswa di SMP Negeri 29 Bandung.

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui seberapa besar pengaruh modifikasi permainan pembelajaran bolavoli terhadap efektivitas pembelajaran bolavoli di SMPN 29 Bandung. Metode Penelitian yang digunakan adalah metode penelitian eksperimen. Sampel penelitian ini adalah siswa kelas VIII SMP Negeri 29 Bandung.

Berdasarkan hasil penelitian eksperimen yang telah dilakukan, Hasil penelitian menunjukkan bahwa pembelajaran permainan bola voli melalui modifikasi pembelajaran dapat meningkatkan waktu aktif belajar siswa. Dengan modifikasi pembelajaran permainan bolavoli minat dan motivasi siswa menjadi tinggi, karena siswa melakukan tugas gerak yang diberikan oleh guru dengan senang dan gembira. Artinya modifikasi pembelajaran permainan bolavoli dapat meningkatkan waktu aktif belajar siswa kelas VIII SMP Negeri 29 Bandung.

References

Arikunto, Suharsimi. (2002). Prosedur Penelitian Suatu Pendekatan Praktik. Jakarta: PT Rineka Cipta.

Samsudin. (2008). Pembelajaran Pendidikan Jasmani Olahraga dan Kesehatan SD/MI. Jakarta: Prenada Media Group.

Suherman, Adang (1998). Revitalisasi Keterlantaran Pengajaran dalam Pendidikan Jasmani, Bandung: CV Andir.

Undang- undang Republik Indonesia No 22 Tahun 2003, Tentang Sistem Pendidikan Nasional, Bandung: Citra Umbara, 2003.

UniversitasPendidikan Indonesia.2010, Pedoman Penulisan Karya Ilmiah 2010. Bandung: UPI.

Yudiana, Yunyun dan Subroto, Toto. (2010). Permainan Bolavoli. Bandung: Universitas Pendidikan Indonesia.

Published

2018-02-13