PENGGUNAAN MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE STUDENT TEAMS ACHIEVEMENT DIVISION (STAD) UNTUK MENINGKATKAN KEMAMPUAN PEMAHAMAN KONSEP MATEMATIK PADA SISWA SD

Authors

  • Nandang STKIP Sebelas April Sumedang

Keywords:

Model STAD, Pemahaman Konsep Matematik

Abstract

Penelitian ini dilatarbelakangi oleh pentingnya kemampuan pemahaman konsep matematik dikuasai oleh siswa dengan baik. Tujuan dalam penelitian ini adalah untuk mengetahui perbandingan kemampuan pemahaman konsep matematik antara siswa yang menggunakan model pembelajaran kooperatif tipe STAD dengan siswa yang menggunakan model pembelajaran konvensional serta untuk mengetahui sikap siswa terhadap penggunaan model pembelajaran kooperatif tipe STAD.

Penelitian ini menggunakan metode kuasi eksperimen terhadap siswa kelas V SDN Cilengkrang sebanyak dua kelas sebagai kelas eksperimen dan kelas kontrol yang masing-masing berjumlah 25 orang. Data penelitian ini dikumpulkan melalui tes tertulis kemampuan pemahaman, angket skala sikap untuk mengetahui respon siswa terhadap pelaksanaan model pembelajaran yang digunakan.

Hasil penelitian menunjukan bahwa terdapat perbedaan peningkatan kemampuan pemahaman konsep matematik antara kedua kelompok sampel. Rata-rata nilai yang diperoleh kelas eksperimen yang belajar menggunakan model pembelajaran kooperatif tipe STAD sebesar 0,48 dan kelas kontrol yang menggunakan model konvensional sebesar 0,40. Sedangkan berdasarkan pengolahan data angket, respon siswa terhadap model pembelajaran kooperatif tipe STAD adalah positif dengan rata-rata sebesar 3,992.

References

Anita Lie. (2007). Cooperative Learning. Jakarta: Grasindo.

Hanna. (2008). Pembelajaran Matematika dengan Metode Inkuiri untuk Kemampuan Pemahaman Konsep Matematika Siswa. Tesis pada SPs UPI Bandung. Tidak diterbitkan.

NCTM. (1989). Curriculum and Evaluation Standard for School Mathematics. Reston. Va: NCTM.

Nuraeni, N. (2008). Pengaruh Penerapan Model Pembelajaran Berbasis Kecerdasan terhadap Kemampuan Pemahaman Matematika Siswa SMP. Disertasi pada SPs UPI Bandung. Tidak diterbitkan.

Ruseffendi, E.T. (1988). Pengantar kepada Membantu Guru Mengembangkan Kompetensinya dalam Pengajaran Matematika untuk Meningkatkan CBSA. Bandung: Tarsito.

Ruseffendi, E.T. (2005). Dasar-Dasar Penelitian Pendidikan dan Bidang Non Eksata Lainnya. Bandung: Tarsito.

Slavin, E. Robert. (2009). Cooperative Learning. Bandung: Nusa Media.

Sugiyono. (2011). Statistika untuk Penelitian. Bandung: CV Alfabeta.

Sugiyono. (2011). Metode Penelitian Kuantitatif Kualitatif dan R&D. Bandung: CV Alfabeta.

Suherman, E. dkk. (2001). Strategi Pembelajaran Matematika Kontemporer. Bandung: UPI.

Suherman, E. (2008). Asesmen Portofolio Bagi Guru. Makalah.

Wardhani. (2006). Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Student Teams Achievement Division. [Online]. Tersedia:/http://mediaukhuwwahfillah. blogspot.com/2006/12/ model-pembelajaran-kooperatif-tipe-stad.html [25 September 2017]

Published

2018-02-13