PENERAPAN MODUL PEMBELAJARAN SOLIDWORKS GUNA PENINGKATAN KOMPETENSI MEMBUAT MODEL 3D (APPLICATION MODULE TO IMPROVE THE LEARNING COMPETENCE OF SOLIDWORKS 3D MODELS MAKE)

Authors

  • Bambang Eko STKIP Sebelas April Sumedang

Keywords:

Modul Pembelajaran, SolidWorks, Kompetensi, CAD

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis desain modul pembelajaran SolidWorks berdasarkan penilaian ahli dan menganalisis dampak penerapan modul pembelajaran terhadap capaian kompetensi membuat model 3D berbasis CAD. Penelitian yang digunakan adalah true experimental design menggunakan desain randomized control group pretest-postest design. Analisis data pada penelitian ini menggunakan analisis deskriptif dan uji t. Berdasarkan hasil penilaian ahli, modul pembelajaran SolidWorks termasuk dalam kategori sangat layak. Berdasarkan hasil analisis deskriptif didapatkan bahwa nilai rata-rata kompetensi siswa menggunakan modul pembelajaran SolidWorks lebih tinggi daripada yang tidak menerapkan modul pembelajaran SolidWorks. Peningkatan kelas eksperimen dalam kategori sedang (46.6%) dibandingkan kelas kontrol dalam kategori rendah (32.8%). Hal ini diperkuat dari hasil uji t yang menunujukan adanya peningkatan hasil belajar yang signfikan pada siswa yang menggunakan modul pembelajaran SolidWorks.

References

Patkur, M. dan Theodorus W. W. 2013. Pengembangan Modul Pembelajaran Auto-cad untuk Meningkatkan Efektivitas Pembe-lajaran Siswa Kelas X TPM di SMKN 1 Sidoarjo. Jurnal Pendidikan Teknik Mesin 1/3: 86-89.

Sugiyono. 2008. Metode Penelitian Kuantitatif Kualitaif dan R&D. Bandung: Alfa Beta.

Triawan, Rifqi dan Supraptono. 2011. Penerapan Modul Pembelajaran Electric Power Steering (EPS) untuk Meningkatkan Hasil Belajar Kompetensi Sistem Kemudi. Jurnal Pendidikan Teknik Mesin 11/2:76-80

Published

2018-08-07