PENGGUNAAN MEDIA MAKET BUBUR KERTAS UNTUK MENINGKATKAN MOTIVASI DAN HASIL BELAJAR SISWA PADA MATERI PENGARUH KONDISI ALAM TERHADAP KEGIATAN EKONOMI (PENELITIAN TINDAKAN KELAS DI KELAS IV SEKOLAH DASAR NEGERI NYALINDUNG II KECAMATAN CIMALAKA KAB. SUMEDANG

Authors

  • Ria STKIP Sebelas April Sumedang

Keywords:

Media Maket, Motivasi, Hasil Belajar

Abstract

Penelitian dilatarbelakangi oleh kekawatiran peneliti mengenai permasalahan yang dihadapi siswa di kelas IV SDN Nyalindung II Kecamatan Cimalaka Kabupaten Sumedang pada pembelajaran IPS materi pengaruh kondisi alam terhadap kegiatan ekonomi. Diketahui bahwa tingkat  kemampuan siswa dalam menguasai materi masih tergolong rendah. Siswa kesulitan mengusai  materi dan  memfokuskan diri pada pembelajaran. Permasalahan tersebut muncul karena kurangnya perhatian guru dalam  mengembangkan  media yang  menunjang  pembelajaran  siswa di kelas sehingga berdampak pada pembelajaran  yang  tidak menarik dan kurangnya motivasi  siswa dalam mengikuti pembelajaran. Upaya yang dilakukan untuk mengatasi permasalahan tersebut  yaitu dengan menggunakan media maket bubur kertas. Media pembelajaran ini juga diharapkan dapat meningkatkan motivasi  dan hasil belajar siswa. Penilitian ini menggunakan metode Penelitian Tindakan Kelas (PTK) dengan desain Kemmis Dan Mc Taggart, yaitu model siklus yang dilakukan secara berulang-ulang dan berkelanjutan. Instrumen yang digunakan dalam penelitian ini yaitu lembar observasi, lembar evaluasi, dan pedoman wawancara. Setelah menggunakan  media maket pada materi pengaruh kondisi alam terhadap kegiatan ekonomi, kemampuan siswa mengalami peningkatan. Dengan demikian terbukti bahwa penggunaan media maket bubur kertas telah mampu meningkatkan motivasi  dan  hasil  belajar  siswa kelas IV SDN Nyalindung  II Kecamatan Cimalaka Kabupaten Sumedang  pada materi pengaruh kondisi alam terhadap kegiatan ekonomi.

References

Arsyad, A (2003). Media pembelajaran. Jakarta: PT. Raja Grafindo Persada.

Bundu, (2006). Penelitian Keterampilan Proses dan Sikap ilmiah dalam pembelajaran sains di SD. Jakarta: Depdiknas Dirjendikti.

Daryanto. (2010). Media Pembelajaran. Bandung: PT. Sarana Tutprial Nurani Sejahtera.

Depdiknas. (2003). Sistem Pendidikan Nasional. Jakarta: Depdiknas

Depdiknas. (2006). Kurikulum Tingkat Satuan Pendidikan. Jakarta : Depdiknas.

Fatthurohman, (2011: 94). Belajar dan Pembelajaran. Bandung: Alfabeta

Gunawan, Rudy. (2016). Pendidikan IPS Filosofi. Konsep dan Aplikasi. Bandung: Alfabeta.

Hisnu, dkk. (2008). Ilmu pengetahuan Sosial untuk SD/Mikelas 4. Jakarta: Pusat Perbukuan Departemen Pendidikan Nasional.

NCSS. (1994). Curriculum standard for sicial Studies. Washington: National Commission on Social Studies in the school.

Nashar, (2004: 39). Teori Motivasi dan pengukurannya. Jakarta: PT Bumi Aksara

Mukhtar, (2007). Desain Pembelajaran Berbasis TIK. Jakarta: Prenada Media

Mc.Donald (1986). Motivasi dan hasil belajar. Jakarta: PT Bumi Aksara

Maulana, (2006). Metodologi penelitian Kualitatif: Pradigma Baru ilmu Komunkasi dan Sosial lainnya. Bandung: Remaja Rosdakarya.

Pupuh, (2007). Pengertian Media Pengajaran. Jakarta: PT Indah Karya

Sardiman. A. (2007). Interaksi dan Motivasi Belajar Mengajar. Jakarta: PT. Raja Grafindo perseda.

Sardiman. A. (2002). Media pendidikan Pengertian, Pengembangan, dan Pemanfaatan. Jakarta: PT. Raja Grafindo perseda.

Sardiman. A. (2005). Media pendidikan Pengertian, Pengembangan, dan Pemanfaatan. Jakarta: PT. Raja Grafindo perseda.

Sardiman, dkk. (2011). Interaksi dan Motivasi belajar Mengajar. Jakarta: Rajawali Prs.

Sardimana, (2016). Interaksi & Motivasi Belajar Mengajar. Jakarta. Rajawali Prs.

Sapriya, (2008). Filosofi Ilmu Pengetahuan Sosial. Jakarta: Buana Jaya

Soemantri, N.(2010). Menggagas Pembaharuan Pendidikan IPS. Bandung PT. Remaja Rosdakarya.

Sudjana, (2010). Penelitian Hasil dan Proses Belajar Mengajar. Bandung Rosda Karya.

Sudjana, dan Rivai (2011). MediaPengajaran . Bandung: Sinar Baru Algesindo.

Sumayana, (2014). Dinamika Perkembangan Pesrta Didik Dalam Perspektif Islam. Bandung. CV. Kaka Media Network.

Sugihartono, (2007). Psikologi Pendidikan. Yogyakarta: UNY Press

Sugiyono, (2005). Metode Penelitian Kuantitatif dan Kualitatif dan R&D. Bandung: Alphabeta

Yusuf, (1996). Ilmu Kepelatihan Dasar. Jakarta: Proyek Pendidikan Tenaga Akademik

Published

2018-08-07