PENGGUNAAN MEDIA READING BOX UNTUK MENINGKATKAN AKTIVITAS DAN KEMAMPUAN MEMBACA PEMAHAMAN TEKS CERITA ANAK PADA MEMBACA INTENSIF (PENELITIAN TINDAKAN KELAS PADA SISWA KELAS III SDN DAYEUHLUHUR KECAMATAN GANEAS KABUPATEN SUMEDANG TAHUN PELAJARAN 2017/2018)

Authors

  • Avini STKIP Sebelas April Sumedang

Keywords:

Media Reading Box, Aktivitas, Membaca Pemahaman

Abstract

Penelitian ini dilatarbelakangi oleh rendahnya aktivitas dan kemampuan membaca siswa kelas III SDN Dayeuhluhur pada aspek membaca pemahaman teks cerita anak pada membaca intensif. Peneltian ini menggunakan metode penelitian tindakan kelas dengan menggunakan media Reading Box. Pada siklus I hasil observasi aktivitas belajar siswa kurang memuaskan skor rata-rata dari setiap aspek dinilai hanya 3,37 dengan kategori cukup. Pada siklus II berhasil ditingkatkan dan mencapai target yang diharapkan peneliti dengan skor rata-rata 3,66 dengan kategori baik. Dengan demikian, aktivitas belajar siswa terhadap pembelajaran membaca pemahaman teks cerita anak pada membaca intensif dengan menggunakan media media reading box pada siklus II lebih baik jika dibandingkan dengan siklus I. Kemampuan membaca siswa pada kondisi awal yang masih kurang yakni baru 39% atau 9 siswa yang mencapai KKM. Pada perbaikan pembelajaran siklus I kemampuan membaca siswa berhasil ditingkatkan menjadi 61% atau 14 siswa. Rata-rata kemampuan membaca siswa pada siklus I sudah mencapai KKM yang ditetapkan yakni 65, hanya beberapa siswa yang masih belum tuntas. Selanjutnya, pada siklus II hasilnya lebih baik dari siklus I, yakni sebagian besar siswa yang berjumlah 20 siswa atau 87% dinyatakan tuntas karena hasilnya mencapai KKM dan hanya 3 siswa atau 13% yang tidak lulus atau belum mencapai KKM. Hal ini membuktikan bahwa media reading box dapat digunakan untuk meningkatkan aktivitas dan kemampuan membaca pemahaman teks cerita anak pada membaca intensif siswa kelas III SDN Dayeuhluhur tahun pelajaran 2017/2018.

References

Ahuja. (2010). Membaca Secara Efektif dan Efesien. Bandung: Kiblat Buku Utama.

Aqib, Z. (2010). Profesionalisme Guru dalam Pembelajaran. Surabaya: Ihsan Cendekia.

Muslihudin. (2010). Kiat sukses Melakukan Penelitian Tindakan Kelas di Sekolah. Bandung: Rizqi Press.

Rahim. (2005). Pengajaran Membaca di Sekolah Dasar. Jakarta: PT Bumi Aksara.

Santosa, P. (2010). Materi dan Pembelajaran Bahasa Indonesia SD. Jakarta: Universitas Terbuka.

Soeparno. (1988). Media Pengajaran Bahasa. Yogyakarta: Intan Pariwara.

Sukmana, E. (2017). Ikhtisar Bahasa dan Sastra Indonesia. Sumedang: Vuri Creative.

Sumayana, Y. (2014). Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia di Kelas Rendah MI/SD. Bnadung: CV Kaka Media Network.

Suranto. (2010). Manajemen Penelitian Tindakan Kelas. Surabaya: Ihsan Cendekia.

Suyatno. (2004). Teknik Pembelajaran Bahasa dan Sastra. Surabaya: SIC.

Published

2018-08-07