MENINGKATKAN PRESTASI BELAJAR BAHASA INGGRIS DENGAN STRATEGI PEER LESSON PADA MATERI TEKS RECOUNT PERISTIWA BERSEJARAH SISWA KELAS X MAN 2 SUMEDANG

Authors

  • Lalan MA Negeri 2 Sumedang

Keywords:

Strategi Peer Lesson

Abstract

Untuk menyampaikan pokok-pokok materi Bahasa Inggris memerlukan  cara dan strategi tersendiri agar dapat  diterima oleh semua peserta didik dengan berbagai tingkat daya nalar masing-masing. Tetapi, menurut pengamatan peneliti banyak siswa yang kurang mampu dalam memahami isi Teks Recount tersebut sehingga bisa menyebabkan kesalahan persepsi tentang maksud isi teks bacaan yang sebenarnya dan pada akhirnya akan mengalami kesulitan menerapkannya dalam pergaulan sehari-hari.

Kesalahan atau ketidak tepatan dalam menentukan strategi pembelajaran dalam menyampaikan isi Teks Recount sering  menyulitkan siswa dalam memahaminya, bahkan bisa menimbulkan kesalahan persepsi yang pada akhirnya tujuan dari pembelajaran tersebut tidak tercapai. Oleh karenanya strategi pembelajaran dalam konteks kognitif atau aspek pemahaman sangat penting ditekankan untuk mencapai tujuan pembelajaran tersebut.

Dari masalah tersebut di atas perlu suatu strategi/model pembelajaran agar siswa mendapatkan  kemudahan dalam memahami materi isi Teks Recount, sebab pemahaman siswa terhadap materi pelajaran merupakan kunci sukses dalam menguasai pelajaran secara utuh dan baik.

Strategi Peer Lessons (belajar dari teman) merupakan salah satu strategi yang dapat menjawab permasalahan tersebut di atas karena strategi Peer Lessons merupakan sebuah strategi alternatif dalam pembelajaran yang aktif, efektif dan menarik. Strategi Peer Lessons diharapkan dapat meningkatkan prestasi  akademik, peningkatan kepercayaan diri dan motivasi belajar serta interaksi antar siswa..

Penelitian ini bertujuan mengetahui gambaran penggunakan Strategi Peer Lesson dalam mewujudkan pembelajaran yang aktif, kreatif, efektif dan menyenangkan dan mengetahui gambaran penggunakan Strategi Peer Lesson dapat meningkatkan pemahaman siswa terhadap isi Teks Recount di kelas X MIA MAN 2 Sumedang Semester Genap Tahun Pelajaran 2015/2016;

Dari hasil penelitian yang telah dilakukan pada Minggu ke-1 bulan Februari s.d  Minggu ke-4 bulan Maret 2016 dengan 2 siklus terdapat temuan-temuan berikut: 1) kinerja guru meningkat sebesar 25 % dari siklus 1 (62,50%) ke siklus 2 (87,50%); 2) aktifitas kegiatan siswa meningkat 30,88% dari siklus 1 (54,41%) ke siklus 2 (85,29%); 3) rata-rata prestasi belajar dari Pra PTK ke Siklus 1 meningkat sebesar 4,74 sehingga rata-rata prestasi belajar pada Pra PTK 74,21 menjadi 78,95 pada siklus 1; dan 4) rata-rata prestasi belajar dari Sikulus 1 ke Siklus 2 meningkat sebesar 1,96 sehingga rata-rata prestasi belajar pada siklus 1 sebesar 78,95 menjadi 80,91 pada siklus 2.

Berdasarkan temuan-temuan dalam penelitian diatas, maka dapat disimpulkan bahwa: “Pembelajaran dengan menggunakan Strategi Peer Lesson dapat mewujudkan pembelajaran yang aktif, kreatif, efektif dan menyenangkan serta dapat meningkatkan prestasi siswa dalam mempelajari Bahasa Inggris di kelas X MIA MAN 2 Sumedang.

References

Dimyati, Mudjiono. 1998. Belajar Pembelajaran. Jakarta: Asdi Mahasatya.

Miftahul Huda. 2013. Model-model Pengajaran dan Pembelajaran.Yogyakarta: Pustaka Pelajar

Nurhadi, Yasin BY, Senduk AG. 2004. Pembelajaran Kontekstual dan Penerapan dalam KBK. Malang: Universitas Negeri Malang.

Sanjaya, Mina. 2008. Strategi Pembelajaran. Jakarta: Kencana.

Suharsimi Arikunto.2010.Penelitian Tindakan Kelas.Yogyakarta: Aditya Media.

Suryabrata S, 1984. Psikologi Pendidikan. Yogyakarta: Rajawali Pers.

Suryabrata S, 2003. Metodologi Penelitian. Yogyakarta: Rajawali Pers.

Witherington. 1986. Psikologi Pendidikan.Bandung: Jemmars Bandung.

Zaenal A, 2006. Penelitian Tindakan Kelas untuk Guru. Bandung: Yrama Widya.

Published

2018-08-07