PEMBELAJARAN SPEAKING DENGAN METODE ROLE PLAY MENGGUNAKAN TEKS BERBENTUK NARRATIVE PADA SISWA KELAS IX SMPN 1 PASEH

Authors

  • Oo SMP Negeri 1 Paseh

Keywords:

Metode Role Play, Speaking, Teks Narrative

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk memperoleh (1) format RPP metode role play untuk peningkatan kemampuan speaking siswa dalam teks berbentuk narrative, (2) bentuk pelaksanaan pembelajaran speaking dengan metode role play dalam teks berbentuk narrative, (3)  sistem  evaluasi  untuk pembelajaran speaking dalam teks berbentuk narrative dengan metode role play, dan (4) peningkatan keterampilan speaking siswa dalam teks berbentuk narrative menggunakan metode role play yang tepat. Penelitian ini menggunakan model PTK yang terbagi menjadi tiga siklus pada siswa kelas IX.A dan IX.B SMPN 1 Paseh. Siklus I dengan media naskah cerita berbentuk fable, siklus II dengan media naskah cerita berbentuk fairy tales, dan siklus III dengan media naskah cerita berbentuk bebas. Instrumen penelitian berupa pedoman penskoran aspek speaking dan panduan observasi.Berdasarkan hasil yang diperoleh dapat ditarik beberapa kesimpulan, yaitu: (1) Sintak RPP yang dirancang metode role play meliputi tiga tahap, yaitu persiapan, pelaksanaan, dan tindak lanjut, (2) pelaksanaan pembelajaran dengan metode role play yang baik memerlukan peran aktif guru yang meliputi penyiapan pembelajaran, pengorganisasian materi teks narrative dengan metode role play yang menggunakan media naskah cerita fabel, fairy tales, dan teks narrative bebas sampai penilaian hasil belajar, serta peran aktif siswa dalam mengemukakan pendapat, menjawab dan mengajukan pertanyaan, berlatih bermain peran dengan melafalkan dan menggunakan kata dan tense yang benar, (3) sistem evaluasi dengan Pedoman Penskoran Aspek Speaking pada Teks Narrative dengan Menggunakan Metode Role Play, dan (4) keterampilan siswa dalam berbicara pada teks berbentuk narrative dengan menggunakan metode role play meningkat, yakni pada siklus I sebesar 58%, pada siklus II sebesar 74,5%, dan pada siklus III sebesar 86,5%.

References

APKG:http://sman1bebandem.wordp ress.com/2011/06/02/model-alat-penilaian-kemampuan-guru-apkg-dalam-mempersiapkan-dan-melaksanakan-pembelajaran/ (9 Agustus 2012)

Arikunto, S, 2002. Prosedur Penelitian, Suatu Pendekatan Praktik. Jakarta: Rineka Cipta

Susanti, A.D.H. 2007. Using Role Play in Teaching Speaking (A Pre- Experimental Study at Islamic Junior High School Soebono Mantofani Jombang-Ciputat) A Paper Presented to the Faculty of Tarbiyah and Teachers Training.

https://www.google.com/url?sa=t&rc t=j&q=&esrc=s&source=web&cd=1 4&cad=rja&ved=0CFAQFjADOAo&url=http%3A%2F%2Fidb4.wikispa ces.com%2Ffile%2Fview%2Frc19- USING%2BROLE%2BPLAY%2BI N%2BTEACHING%2BSPEAKING.pdf&ei=zPe2UvupM8mIrQewlIDwB A&usg=AFQjCNHw833cDM-NwO1C2hI5Otc_8PRMOA&sig2=G cfoYF4AVwuTiRqIXTF21g&bvm=b v.58187178,d.bmk (22 Desember 2013)

Published

2019-08-21