UPAYA PENINGKATAN PRESTASI BELAJAR MATEMATIKA SISWA KELAS VI SD NEGERI SINDULANG MATERI FPB DAN KPK MELALUI METODE PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE NUMBERED HEADS TOGETHER (NHT)

Authors

  • Nunung SD Negeri Sindulang Cimanggung

Keywords:

FPB dan KPK, Metode Kooperatif Numbered Heads Together (NHT)

Abstract

Penelitian   ini   bertujuan  untuk   meningkatkan  hasil   belajar   Matematika

khususnya pada materi FPB dan KPK dengan menggunakan metode pembelajaran Kooperatif Numbered Heads Together (NHT). Penelitian ini dilaksanakan di kelas VI SD Negeri Sindulang. Jenis penelitian adalah Penelitian Tindakan Kelas dengan dua siklus yang terdiri dari dua kali pertemuan dalam satu siklus, setiap siklus terdiri dari: perencanaan, pelaksanaan, pengamatan dan refleksi.Teknik dan alat pengumpulan data pada penelitian ini menggunakan teknik analisis deskriptif komperatif terhadap data berupa dokumen hasil pekerjaan siswa, daftar nilai dan lembar observasi. Hasil penelitian menunjukkan bahwa dengan metode pembelajaranKooperatif Numbered Heads Together (NHT) tejadi   suasana pembelajaran yang menyenangkan sehingga hasil belajar siswa meningkat, yaitu dari hasil siklus I ke Siklus II terdapat peningkatan, pada siklus I jumlah siswa yang mendapat nilai tuntas adalah 14 siswa atau 77,78 %, nilai tidak tuntas pada siklus I adalah 4 siswa atau 22,22 %, sedangkan pada siklus 2 terjadi peningkatan nilai tuntas yaitu menjadi 17 siswa atau 94,45 %. Disimpulkan bahwa metode pembelajaran dengan Kooperatif Numbered Heads Together (NHT) dapat meningkatkan hasil belajar Matematika khususnya materi FPB dan KPK.

References

Suprijono, A. 2009. Cooperatif Learning Teori dan Aplikasi PAIKEM. Yogyakarta: Pustaka Pelajar

Lie, A. 2008. Cooperative Learning, Mempraktekkan Cooperative Learning di Ruang-Ruang Kelas. Jakarta : PT Grasindo.

Daryanto. 2009. Panduan Proses Pembelajaran Kreatif dan Inofatif

Teori dan Praktik dalam Pengembangan Profesionalisme bagi Guru. Jakarta: AV Publisher.

Zaini, H. dkk. 2008. Strategi Pembelajaran Aktif. Yogyakarta: Pustaka Insan Madani.

Isjoni. 2009. Cooperative Learning, Efektifitas Pembelajaran Kelompok. Bandung : CV Alfabeta.

Ismail, Bambang Triyanto. 2007. Pedoman Menulis Skripsi. Sukoharjo : Univet Bantara Press.

Sardiman A.M.. 2006. Interaksi dan Motivasi Belajar Mengajar. Jakarta : PT Rajagrafindo Persada.

Susilo. Panduan Penelitian Tindakan Kelas. Yogyakarta : Pustaka Book Publisher. Djamarah, S,B. 2002. Psikologi Belajar. Jakarta : Rineka

Cipta. Aqib, Z dkk. Penelitian Tindakan Kelas. Bandung : CV Yrama Widya

Published

2019-08-21