PENINGKATAN KEMAMPUAN SISWA KELAS VI SDN TANJUNGMEKAR DALAM BERCERITA MELALUI METODE DISKUSI

Authors

  • Ratnasih SD Negeri Tanjungmekar

Keywords:

Kemampuan Bercerita, Metode Latihan, SDN Tanjungmekar

Abstract

Masalah yang diteliti pada penelitian ini adalah tentang pelaksanaan pembelajaran berbicara dengan cara bercerita melalui metode diskusi dengan subjek penelitian kelas VI SDN Tanjungmekar tahun pelajaran 2018/2019. Penelitian ini bertujuan (1) mendeskripsikan upaya meningkatkan kemampuan siswa kelas VI SDN Tanjungmekar Kecamatan Tanjungkerta dalam bercerita melalui metode diskusi, (2) mendeskripsikan hasil peningkatan kemampuan. Siswa kelas VI SDN Tanjungmekar dalam bercerita melalui metode diskusi. Penelitian yang dilakukan menggunakan jenis penelitian tindakan (PTK). Dalam Analisis data penelitian yang digunakan adalah analisis data kualitatif. Berdasarkan hasil penelitian ini menunjukkan bahwa pelaksanaan pembelajaran dengan metode diskusi dapat meningkatkan kemampuan bercerita bagi siswa kelas VI SDN Tanjungmekar dengan hasil observasi awal diperoleh ketuntasan klasikal 40%, pada siklus I meningkat menjadi 60%, pada siklus II naik menjadi 80%. Dalam menentukan penilaian tersebut ditetapkan 5 aspek yang menjadi pedoman penilaian setiap siklus yakni (1) nilai aspek kelancaran berbicara, (2) nilai aspek ketepatan diksi/pilihan kata, (3) nilai aspek struktur kalimat, (4) nilai aspek kelogisan diberi, dan (5) nilai aspek komunikatif/kontak mata. Dari data  tersebut  dapat disimpulkan bahwa penerapan metode diskusi dapat meningkatkan kemampuan bercerita siswa kelas VI SDN Tanjungmekar.

References

Aqil, Zainal. 2007. Model-Model Mengajar. Bandung: CV. Diponegoro

Djumiran, 2009. Profesi Keguruan. Jakarta : Dirjen Dikti Depdiknas

http://kihariyadi.jogja.com/2005/05/25/m etode-quantum-teaching.ht

Depdikbud, 1995. Petunjuk Pelaksanaan Kegiatan Belajar Mengajar Kelas I Sekolah Dasar. Jakarta: Direktorat Jendral Pendidikan Dasar dan Menengah.

Depdikbud, 1996. Metodik Khusus Pengajaran Bahasa Indonesia di SekolahDasar. Jakarta: Direktorat Jendral Pendidikan Dasar dan Menengah. Depdikbud. 1998. Pedoman Umun Ejaan Yang Di Sempurnakan Dan Pedoman Umum Pembentukan Istilah. Jakarta: Pusat Pembinaan Bahasa.

Depdiknas, 2003. Penelitian Tindakan Kelas. Jakarta: Departemen Pendidikan Nasional.

Mardiyanis. 2007. Upaya Peningkatan Hasil Belajar Siswa Kelas IV SDN 001 Dengan Menggunakan Metode Diskusi Tahun Ajaran 2007/2008. Tidak Diterbitkan.

Ramadhan, A, dkk. 2013. Pedoman penulisan karya ilmiah dan artikel ilmiah, FKIP Untad

Surakhmad, Wanarno. 2009. Pengantar Interaksi Belajar Mengajar. Jakarta:Depdiknas

Subroto, Surya. 2002. Proses Belajar Mengajar Di Sekolah. Jakarta: PT. Ardi Mahatya.

Supryadi, dkk. 1992. Materi Pokok Pendidikan Bahasa Indonesia 2. Jakarta : Depdiknas

Syafi’le. Iman. 1999. Pengajaran Membaca dan Bercerita di Sekolah Dasar, Malang; Depdiknas.

Published

2019-08-21