UPAYA MENINGKATKAN KEMAMPUAN MENYELIDIKI SIFAT-SIFAT KESEBANGUNAN DAN SIMETRI MELALUI MODEL PEMBELAJARAN THINK PAIR SHARE (TPS) PADA SISWA KELAS V CIKAWAO KECAMATAN PAMULIHANNKABUPATEN SUMEDANG

Authors

  • Didi SD Negeri Cikawao

Keywords:

Kemampuan, Menyelidiki, Kesebangunan dan Simetri, Think Pair Share (TPS)

Abstract

Permasalahan dalam penelitian ini “Apakah melalui model pembelajaran Think Pair Share (TPS) dapat meningkatkan kemampuan menyelidiki sifat-sifat kesebangunan dan simetri pada siswa kelas V SDN Cikawao dalam pokok bahasan Kesebangunan dan Simetri?”. Adapun tujuan dari penelitian ini adalah untuk meningkatkan kemampuan menyelidiki sifat-sifat kesebangunan dan simetri melalui model pembelajaran Think Pair Share (TPS) pada siswa kelas V SDN Cikawao Kecamatan Pamulihan Kabupaten Sumedang. Penelitian tindakan kelas ini dilaksanakan dalam dua siklus dan setiap siklus satu kali pertemuan.  Setiap  siklus  terdiri  dari   4   tahapan   yaitu,   perencanaan, pelaksanaan, pemantauan evaluasi, analisis dan refleksi. Serta pengumpulan data terdiri dari 4 teknik yakni, observasi, wawancara, tes dan dokumentasi. Dari hasil penelitian pada pembelajaran siklus I diperoleh data, dari 22 orang siswa yang belum mampu ada 9 orang atau 40,91% yang memperoleh nilai 65 ke bawah, dan 13 orang atau 59,09% yang mampu dan memperoleh nilai 65 ke atas, dengan persentase 72,73%. Sedangkan pada siklus II meningkat dimana siswa yang belum mampu ada 3 orang atau 13,64% yang memperoleh nilai 65 ke bawah dan 19 orang atau 86,36% yang mampu dan memperoleh nilai 65 ke atas dengan persentase 83,16%. Dari hasil penelitian ini disimpulkan bahwa dengan melalui model pembelajaran Think Pair Share (TPS) kemampuan menyelidiki sifat-sifat kesebangunan dan simetri pada siswa kelas V SDN Cikawao Kabupaten Sumedang meningkat.

References

Ali. M, 1987, Tugas Guru dalam Proses Belajar Mengajar, Bandung : Sinar Baru Algesindo.

BPT Dinas Pendidikan Jawa Barat, 2004, Pengantar Model Pembelajaran, Bandung BPT Dinas Pendidikan Jawa Barat.

Komandoko, Gamal. 2008. Buku Serba Tahu. Yogyakarta: Pustaka Widyatama. Kardiawarman .2006 . Penelitian Tindakan Kelas. Jakarta: PMPTK Departemen Pendidikan Nasional.

Peter Patilla. 2007. Kamus Matematika Dasar (Terjemahan). Bandung : Pakar Raya.

R.J. Soenarjo, 2008, BSE Matematika 5 SD dan MI kelas 5, Jakarta: Pusat Perbukuan Departemen Pendidikan Nasional.

Salamah, Umi. 2007. Berlogika dengan Matematika 1. Solo: Tiga Serangkai Pustaka Mandori.

Sujatmiko, Ponco, 2007, Matematika Kreatif Konsep dan Terapannya, Solo : Tiga Serangkai.

Tantra D.K. 2005. Konsep Dasar dan Karakteristik Penelitian Tindakan Kelas. Jakarta: Direktorat PMPTK Depdiknas.

Chaplin. Kemampuan (online) http://akhmadsudrajat.wordpress.com/2008/01/2 5/kemampuan-individu. Diakses pada tanggal 25 Mei 2016.

Chaplin. Kemampuan (online) http://ian43.wordpress.com/2010/12/23/pengerti an- kemampuan-html. (Diakses pada tanggal 02 Februari 2016)

Evans.Menyelidiki.(online)http://fadjar3g. files.wordpress.com/2009/0900- cahlahinves gentengkali 1.pdf (Diakses pada tanggal 26 April 2016)

Hadiati.Kemampuan(online)http://milman yusdi.blogspot.com/2011/07/pengertian- kemampuan.html. Diakses pada tanggal 25 Januari 2016.

Imam Roji. Bangun datar (online) http://puteka85.blogspot.com/2012/08/ciri-ciri- bangun-datar-jajar genjang.html (Diakses pada tanggal 27 April 2016)

Ibrahim.dkk. Model Pembelajaran.(online) http://repository.opi.edu./kampus daerah/Sumedengview.php (Diakses pada tanggal 14 Maret 2016).

Julius Hambali. Kesebangunan (online)http://webmatematika.blogspot.com/2012/09/sifat- kesebangunan-dan simetri.html. (Diakses pada tanggal 26 April 2016).

Robbins.Kemampuan(online)http://ww w.iphimkool.co.cc./2010/08/kemampuan. html. (Diakses pada Tanggal 02 Februari 2016).

Sinaga.Kemampuan (online) http://alonalonwatonkelakon.Blogspot.com/2009/05 kemampuan-ability 14.html. (Diakses pada tanggal 25 Maret 2016).

Published

2019-08-21