UPAYA GURU AGAMA ISLAM DALAM MENINGKATKAN MOTIVASI BACA TULIS AL-QURAN (BTA) MELALUI MODEL PEMBELAJARAN TUTOR SEBAYA PADA KELAS VI SD NEGERI HEGARMANAH I

Authors

  • Suhaeti SD Negeri Hegarmanah 1

Keywords:

Guru, Motivasi, Belajar Baca Tulis Al-Qur'an, Tutor Sebaya

Abstract

Di SD Negeri Hegarmanah 1 Kecamatan Jatinangor, guru menentukan mutu pendidikan, disini gurulah yang paling penting dalam menciptakan kualitas sumber daya manusia. Guru berhadapan langsung dengan para peserta didik dikelas melalui proses belajar mengajar. Oleh sebab  itu  dalam  proses  belajar  mengajar motivasi sangat dibutuhkan untuk membangkitkan semangat dalam mempelajari agama Islam. Dengan proses belajar mengajar yang monoton siswa akan  merasakan  kejenuhan  saat  proses  belajar  mengajar,  maka adanya strategi pembelajaran tutor sebaya akan  membantu  dalam  peningkatan  pemahaman  siswa  pada mata  pelajaran pendidikan  agama  Islam  khususnya  kemampuan   siswa   dalam   memahami pelajaran Baca Tulis al-Quran (BTA). Permasalahan yang dikaji dalam penelitian ini adalah (1) Adakah peningkatan motivasi  belajar  siswa  dalam  pembelajaran  PAI  maateri  baca   tulis   al-Quran  (BTA)   dengan menggunakan Model Pembelajaran Tutor Sebaya pada Siswa kelas VI SD  Negeri  Hegarmanah  1 Kecamatan Jatinangor. Oleh karena itu, tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui dan mendeskripsikan peningkatan belajar siswa dalam pembelajaran PAI Materi  Baca  Tulis  al-Qur’an  (BTA)  setelah diterapkannya model pembelajaran Tutor Sebaya pada kelas VI SD Negeri Hegarmanah 1 Kecamatan Jatinangor. Penelitian ini adalah penelitian lapangan dengan pendekatan kualitatif.Subjek penelitian ini adalah Guru agama, dan Siswa.Metode pengumpulan data yang  digunakan adalah  dokumentasi, wawancara, dan observasi.Sedangkan metode analisis data yang digunakan adalah analisis deskriptif kualitatif meliputi reduksi data, penyajian data, dan pengambilan kesimpulan atau verifikasi dengan pola pemikiran induktif. Berdasarkan hasil penelitian dapat disimpulkan bahwa usaha guru dalam meningkatkan motivasi belajar yaitu dengan cara, memberikan hukuman, hadiah, pujian, angka, ulangan,  saingan  atau  kompetensi,  minat,  hasrat  untuk belajar, tujuan yang diakui, mengetahui hasil dan ego-involment. Motivasi belajar siswa dalam pembelajaran di kelas setelah menggunakan strategi pembelajaran tutor sebaya antara lain yaitu:pertama Siswa lebih tekun menghadapi tugas dari guru (dapat bekerja terus menerus dalam waktu yang lama, tidak pernah berhenti sebelum selesai).Kedua Menunjukkan minat (minat untuk mempelajari bacaan tulia al-Qur’an).Ketiga Tidak mudah melepaskan hal yang sudah diyakini.keempat Ulet menghadapi kesulitan. Faktor penghambatnya adalah 1) Siswa tidak memiliki dasar pengetahuan yang relevan maka metode ini menjadi tidak efektif. 2) Kemungkinan didominasi oleh siswa yang suka berbicara. 3) Tidak semua guru benar-benar memahami cara masing-masing siswa bekerja di kelompok. 4) Memerlukan perhatian guru yang ekstra kuat.

References

Arikunto, 2010. Prosedur Penelitian. Jakarta: Rineka Cipta

B.Uno Hamzah, 2008. Teori Motivasi dan Pengukurannya. Jakarta: Bumi Aksara

Hamalik Oemar, 2013. Proses Belajar Mengajar. Jakarta: Bumi Aksara

Isjoni, 2007. Cooperative Learning. Bandung: Alfabeta

JufriWahab, 2013.Belajar dan Pembelajaran Sains. Bandung: Pustaka Reka Cipta

Kunandar, 2011. Guru Profesional. Jakarta: Raja Grafindo Persada

MudjionoDimyati, 2013. Belajar dam Pembelajaran. Jakarta: Rineka Cipta

MoleongLexy, 2004.MetodologiPenelitianKualitatif.Bandung: PT. Remaja Rosdakarya

Prasetyono Dwi Sunar, 2008. Rahasia Mengajarkan Gemar Membaca pada Anak Sejak Dini. Yogjakarta: Diva Press

Sardiman, 2003.Interaksi dan Motivasi Belajar Mengajar.Jakarta: Grafindo Persada

Saefullah, 2012. Psikologi Perkembangan dan Pendidikan. Bandung: Pustaka Setia

Sudjana, 2004. Manajemen Program Pendidikan. Bandung: Falah Production Sugiyono, 2005. Memahami Penelitian Kualitatif. Bandung: Alfabeta Sukandarrumidi, 2006.Metodologi Penelitian. Yogyakarta: Gadjah Mada Press Silberman Mel, 2010. 101 Cara Pelatihan dan Pembelajaran Aktif. Jakarta: Indeks

ZainiHisyam, 2008. Strategi Pembelajaran Aktif. Yogyakarta: Pustaka Insani

Published

2019-08-21