MENINGKATKAN HASIL BELAJAR SISWA PADA MATA PELAJARAN IPA MATERI TUMBUHAN HIJAU KELAS V DENGAN MODEL PEMBELAJARAN PEMANFAATAN LINGKUNGAN ALAM SEKITAR DI SDN CITIMUN I

Authors

  • Ade SD Negeri Citimun I

Keywords:

Hasil Belajar, Alam Sekitar, IPA

Abstract

Permasalahan utama adalah rendahnya hasil belajar siswa di kelas V SD Negeri Citimun I Kecamatan Cimalaka pada pembelajaran IPA  materi  Tumbuhan  Hijau. Sehubungan dengan hal tersebut, maka peneliti menerapkan Model pembelajaran pemanfaatan lingkungan alam sekitar sekolah yang bertujuan untuk mengetahui peningkatan hasil belajar siswa kelas V SD Negeri Citimun I Kecamatan Cimalaka pada pelajaran IPA pada materi tumbuhan Hijau. Desain yang digunakan dalam penelitian ini mengacu pada model PTK yang dikemukakan oleh Kemmis dan Mc. Targgart. jenis data yang digunakan adalah data kuantitatif dan data kualitatif. Pelaksanaan ini dilaksanakan sebanyak dua siklus dan masing-masing dua tindakan/pertemuan. Pada tindakan pertama siklus I hasil persentase aktivitas guru mencapai 60% dan tindakan ke II mencapai 66,7% berada dalam kategori cukup. Sedangkan hasil persentase aktivitas siswa pada tindakan pertama siklus I mencapai 53,3% dan tindakan ke II mencapai 60% berada dalam kategori kurang. Pada hasil evaluasi tindakan pertama siklus I nilai rata-rata mencapai 6,5 ini di kategorikan belum berhasil. Pada tindakan kedua nilai rata-rata mencapai 6,8 ini  dikategorikan sudah cukup. Pada Siklus   ke II pertemuan I hasil persentase aktivitas guru mencapai 80% dan pertemuan II mencapai 93,3% berada dalam kategori sangat baik. Sedangkan hasil persentase aktivitas siswa pada pertemuan kedua tindakan pertama mencapai 66,7% dan tindakan ke dua mencapai 86,7% berada dalam kategori sangat baik. Pada hasil evaluasi tindakan pertama siklus II nilai rata-rata mencapai 6,9 dan tindakan ke dua mencapai 7,5 berada dalam kategori baik. Dengan demikian dapat disimpulkan bahwa hasil  belajar  siswa  SD Negeri Citimun I Kecamatan Cimalaka kelas V meningkat dengan model pembelajaran menggunakan pemanfaatan lingkungan alam sekitar sekolah.

References

Arahman, Zainudin dan Parijo (2012) Melalui pemanfaatan alam sebagai sumber belajar IPA kelas IV SDN 27 Kecamatan Sungai Kakap. Artikel, Prodi pendidikan guru sekolah dasar Fakultas keguruan dan ilmu pendidikan Universitas Tanjung PuraPontianak.

Hamalik, O (1999). Kurikulum dan Pembelajaran. Jakarta:Bumi Aksara. Samana, A. (1994). Profesionalisme Keguruan.

Yoyakarta:Kanisius Sutarno. (2003).Dalam Hadi, (2013).Materi dan Pembelajaran IPA SD. Jakarta: Universitas Terbuka

Sumirin. (2009). Cara Belajar yang Efektif. Semarang: PT. Aneka Ilmu. Wiriatmadja,R.(2009).Metode Penelitian Tindakan Kelas.Bandung: PT. Remaja Rosdakarya.

Published

2019-08-21