UPAYA MENINGKATKAN KEMAMPUAN SISWA KELAS III SD NEGERI HEGARMANAH I DALAM MENGOMENTARI PERISTIWA FAKTUAL YANG TERJADI DI SEKOLAH MELALUI MEDIA GAMBAR

Authors

  • Tati SD Negeri Hegarmanah I

Keywords:

Berbicara, Mengomentari Peristiwa Faktual, Media Gambar

Abstract

Berdasarkan observasi awal yang  dilakukan  di  SD  Negeri Hegarmanah 1, ditemukan bahwa kemampuan berkomentar siswa kelas V SD Negeri Hegarmanah 1 Kecamatan Jatinangor tersebut dikategorikan masih rendah. Hal tersebut dapat dilihat dari hasil semester I (satu) Tahun Ajaran 2017/2018 hanya 33% siswa yang tuntas belajar memenuhi KKM yang telah diterapkan sekolah yaitu 65, sedangkan sisanya 67% siswa berada dibawah KKM. Untuk mengatasi masalah tersebut, maka dilakukan Penelitian Tindakan Kelas dengan menggunakan media gambar di kelas III SD Negeri Hegarmanah 1 Kecamatan Jatinangor dengan jumlah siswa 18 orang. Penelitian  ini  dilakukan  sebanyak dua  siklus. Data yang digunakan pada penelitian ini terdiri dari data kualitatif yaitu data yang diperoleh dari hasil observasi aktifitas siswa selama pembelajaran di dalam kelas dan data kuantitatif yaitu data yang diperoleh dari hasil analisis tes belajar siswa setelah diberikan evaluasi akhir belajar. Hasil penelitian dari data yang didapatkan menunjukkan bahwa penggunaan media gambar dapat berjalan dengan baik dan dapat meningkatkan kemampuan mengomentari peristiwa faktual yang terjadi di sekolah. Terbukti hasil belajar siswa menunjukkan ketuntasan klasikal 61% pada siklus I dan 88% pada siklus II, terjadi peningkatan 17% dari siklus I ke siklus II. Dari data tersebut dapat disimpulkan bahwa penggunaan media gambar dapat meningkatkan kemampuan mengomentari peristiwa faktual yang terjadi di sekolah.

References

Arikunto, S.(2006). Penelitian Tindakan Kelas. Jakarta : PT Bumi Aksara. Arsyad,A.(2007). Media Pembelajaran [Online]Tersedia:http://bagawanabiasa.Wordpress. com.[ 2013/05/26].

Basuki dan farida,(2001).”Kelebihan dan keterbatasan media gambar” [Online]. Tersedia: http://ian43.wordpress.com/tag/kelebihan-media-gambar.html.[27 Mei 2014].

Depdiknas.(2011).Penerapan Model Konstruksi pada Pembelajaran IPA. Jakarta: Direktoral Pendidikan Nasional.

Djago,Tarigan,Dkk.(2003). Pendidikan Keterampilan Berbahasa. Jakarta: Pusat Penerbitan Universitas Terbuka Jakarta.

Hasan,H. (2003). Buku Ajar Strategi Belajar Mengajar. Padang: UNP. [Online] Tersedia: http://tpcommunity05.blogspot.com/2008/05/strategi-memanfaatkan-media-gambar.html. [27 Mei 2014].

Rahadi,A.(2003).Media Pembelajaran Jakarta. Dikjen Dikti Depdikbud.[Online] Tersedia: http://ian43.wordpress.com/tag/kelebihan-media-gambar.html.[27 Mei 2014].

Published

2019-08-21