PENGARUH PENGGUNAAN VIDEO PEMBELAJARAN TERHADAP KETERAMPILAN MENULIS NARASI SISWA KELAS VI SDN MEKARSARI KECAMATAN JATINANGOR

Authors

  • Karlinah SD Negeri Mekarsari

Keywords:

Video, Menulis, Narasi

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui seberapa besar pengaruh penggunaan video pembelajaran terhadap keterampilan menulis narasi siswa Kelas VI SDN Mekarsari Kecamatan Jatinangor Kabupaten Sumedang. Metode dalam penelitian ini adalah penelitian kuantitatif. Desain eksperimen yang digunakan adalah nonequivalent control group design dengan menggunakan teknik simple random sampling. Hasil penelitian menunjukkan adanya pengaruh yang signifikan pada nilai post-test pada kelas eksperimen yang diberi perlakuan berupa penayangan video pembelajaran dengan kelas kontrol yang hanya berupa metode konvensional. Pada uji t(T-Test) diperoleh nilai sig. (2-tailed) yang menjadi salah satu acuan penghitungan diperoleh nilai sebesar 0,010. Jika nilai sig. (2-tailed) lebih kecil dari 0,05 (taraf signifikansi) maka terdapat pengaruh antara hasil post-test kelas eksperimen dan kelas kontrol.

References

Arikunto, Suharsimi. 2010. Prosedur Penelitian: Suatu Pendekatan Praktik. Jakarta: Rineka Cipta.

Arikunto, Suharsimi. 2012. Prosedur Penelitian: Suatu Pendekatan Praktik. Jakarta: Rineka Cipta.

Arsyad, Azhar. 2011. Media Pembelajaran. Jakarta: Rajawali Pers.

Munadi. 2008. Media Pembelajaran: Sebuah Pendekatan Baru. Jakarta: Gaung Persada.

Musfiqon. 2012. Panduan Lengkap Metodologi Penelitian Pendidikan. Jakarta: Prestasi Pustakaraya.

Nurgiyantoro, Burhan. 2012. Penilaian Pembelajaran Bahasa. Yogyakarta: BPFE.

Priyatno, Duwi. 2012. Belajar Praktis Analisis Parametrik danNon Parametrik dengan SPSS. Yogyakarta: Gava Media.

Sudjana, Nana dan Rivai. 2010. Media Pengajaran. Bandung: Sinar Baru Algensindo.

Sugiyono. 2013. Metode Penelitian Pendidikan: Pendekatan Kuantitatif, Kualitatif, dan R&D. Bandung: ALFABETA.

Suparno dan Mohammad Yunus. 2010. Keterampilan Dasar Menulis. Jakarta: Universitas Terbuka

Tarigan, Henry Guntur. 2008. Menulis Sebagai Suatu Keterampilan Berbahasa. Bandung: Angkasa

Trihendradi, C. 2010. SPSS 18 Analisis Data Statistik. Yogyakarta: CV Andi

UNESA. 2000. Pedoman Penulisan Artikel Jurnal, Surabaya: Lembaga Penelitian Universitas Negeri Surabaya.

Winarsunu, Tulus. 2010. Statistik untuk Psikologi dan Pendidikan. Malang: UMM Press

Published

2019-08-21